spot_img
spot_img
HomeLainnyaTips BisnisPegiat Produk UMKM Fashion, Yuk Intip Tren 2023!

Pegiat Produk UMKM Fashion, Yuk Intip Tren 2023!

Produk UMKM khususnya pada lini fashion pasti akan selalu mengalami perubahan tren. Perubahan tren ini tentu saja disebabkan oleh berbagai macam faktor. 

Produk-produk fashion pun harus mampu memenuhi permintaan konsumen dan tren yang tengah digemari di pasaran. 

Setiap tahunnya akan selalu ada update perubahan tren fashion. Kira-kira apa sajakah yang akan menjadi tren di tahun 2023?

Intip Tren 2023 untuk Produk UMKM Fashion 

Bagi penggiat UMKM fashion, perlu bagimu untuk memperhatikan tren fashion seperti apa saja yang akan menjadi radar utama di tahun 2023. 

Melansir dari womanandhome, editor fashion & stylist ternama Rivkie Baum telah merangkum tren yang akan muncul di tahun 2023. 

  1. Nuansa Ungu

Di 2022, warna lilac sempat menjadi warna yang banyak diburu pecinta fashion. Nah, pada 2023 nanti baju bernuansa ungu akan tetap menjadi kecintaan. 

  1. Gaya Rumbai

Rumbai pilihan yang bagus dan akan selalu jadi tren tak lekang oleh waktu yang bisa mempercantik penampilan di 2023. 

Dimulai dari rumbai simpel di pinggiran rok, sampai bahan rajutan yang dibuat merumbai. Tren ini dapat digunakan di segala suasana.

  1. Motif Berenda

Kemeja renda dengan potongan laser akan kelihatan apik dan gaya bila dibalut dengan blazer. Ini akan menjadi salah satu produk UMKM yang bisa kamu kembangkan di tahun 2023.

Gaun laser cutting dapat jadi pilihan ideal untuk acara pernikahan dan dapat merangkum momen romantis dengan sentuhan modern. Sementara rok renda cocok dipadukan dengan pakaian apapun.

  1. Bulu-bulu (Feathery)

Beragama warna untuk pakaian berbulu dengan sentuhan warna pastel dan beberapa permata yang mencolok memainkan peran utama dalam menciptakan mode paling glamour dan fun di 2023 nanti.

  1. Ray of Sunshine Hues

Nuansa kuning juga menjadi warna yang banyak dipakai di 2023. Kalau kamu bertanya cocoknya pakai warna apa, setiap orang selalu cocok mengenakan nuansa warna kuning. 

Kamu hanya harus pandai-pandai memadu-padankannya. Untuk membuat warna kuning terlihat pas di badan, gunakan rok atau tas kuning.

  1. Gaya Sporty nan Mewah

Ketika bicara mengenai gaya sporty di 2023, bukan cuma mengkombinasikan legging dengan hoodie. 

Tapi lebih ke gaya athleisure, agar tak kelihatan seperti baru keluar dari gym, pakai crop top dibawah blazer atau jaket bomber di atas dress. 

  1. Motif Floral

Masih akan terus dicintai di 2023, motif floral memberikan nuansa fresh dan kerap jadi pilihan populer untuk suasana semi-formal. 

  1. Motif Garis-Garis

Celana panjang dengan garis vertikal dan perpaduan dua warna seperti biru dan putih, atau pink dan putih bakal jadi tren fashion di 2023 nanti. 

Dengan bentuk bagian bawah celana yang lebar atau komprang. Gaya seperti ini akan banyak dipakai orang-orang tinggi.

  1. Bahan Leather

Mulai dari jaket leather sampai dengan rok bahan leather akan banyak diburu di 2023. Sementara warnanya kebanyakan warna gelap seperti hitam atau nuansa tan. 

  1. Gothic Glamour

Tren ini rasanya seperti menawarkan fashion-forward extension dari tren tahun 90-an yang siap mendominasi 2023. 

Minimalis namun dengan banyak detail tipis, garis  miring, dan bertali. Warna yang banyak dipakai pada palet nuansa hitam dan keunguan.

  1. Baju Banyak Saku

Celana gaya cargo dengan banyak saku akan menjadi tren, begitu juga dengan jaket yang punya banyak saku. 

Seperti kembali ke tren di akhir 90an dan awal 2000-an. Cocok dipakai untuk menggantikan kebosanan pada jeans.

Baca juga: 10 Contoh Usaha Kecil Menengah yang Potensial di Tahun 2023

Ciptakan Produk Sendiri atau Menjadi Tengkulak Merek yang Sudah Ada?

Manakah yang lebih baik, menciptakan kreasi produk UMKM sendiri atau menjual produk dari brand/merek yang sudah eksis di pasaran? 

Jawabannya tentu tergantung dari sebanyak apa modal yang dimiliki. Untuk dapat memproduksi sendiri tentu membutuhkan dana yang lebih besar dari menjual produk ready. 

Jika pemilik UMKM cukup kreatif dan punya banyak inovasi untuk menciptakan produk sendiri, maka sangat tak masalah untuk menjual produk yang merupakan ciptaan kreativitas sendiri. 

Karena inilah keuntungannya jika pelaku UMKM memproduksi produk sendiri.

  1. Bisa Mempertahankan Kualitas Produk

Dengan membuat produk sendiri, kamu bisa melakukan kontrol pada produk yang kamu buat. Selain dapat mengontrolnya, kamu juga dapat terus mempertahankan kualitasnya. Setiap kendalinya ada di tangan pelaku UMKM. 

Akan lebih mudah bagimu untuk mengikuti tren terkini atau membuat sesuatu yang unik. Produk yang belum ditawarkan oleh brand lain. 

  1. Mengembangkan USP Produk

USP atau Unique Selling Point adalah keunggulan dan keunikan yang dimiliki suatu brand, yang membedakannya dengan brand lain. Dengan memproduksi produk sendiri, kamu dapat lebih mengedepankan dan mengunggulkan USP produkmu. 

Persaingan memang jadi keniscayaan, tapi kamu bisa mempertahankan originalitasnya dan tak membuatmu kehilangan pelanggan setia.

  1. Mempertahankan Kesetiaan Pelanggan

Pelanggan kerap memberikan feedback terkait produk yang dibelinya. Pelaku UMKM harus mengambil dan menyaring feedback yang masuk.

Feedback yang sifatnya konstruktif tentunya layak mendapat perhatian dan dapat diterapkan di usaha kamu. 

Hal ini akan membuat pelanggan merasa didengarkan dan diutamakan. Hubungan baik pun terjaga.

Untuk memudahkanmu dalam melakukan transaksi jual beli produk UMKM milikmu, gunakan saja Invoice Digital. 

Tak perlu repot-repot lagi membuat tagihan secara manual yang beresiko rusak atau hilang. 

Dengan beralih ke pemakaian Invoice Digital Sahabat Bisnis, kamu dapat memantau semua tagihan dalam satu dashboard aplikasi. 

Semua tersistem dan tercatat rapi, menambah efisiensi kerja.

Tak cuma menggantikan invoice kertas, tapi juga menyederhanakan pengelolaan tagihan. Yuk pakai platform Sahabat Bisnis di smartphone kamu sekarang dan nikmati kemudahannya!

spot_img

Latest articles

Explore more

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here