spot_img
spot_img
HomeLainnyaTips BisnisPegiat Usaha, Yuk Ketahui Cara Daftar Bantuan UKM!

Pegiat Usaha, Yuk Ketahui Cara Daftar Bantuan UKM!

Perhatian pemerintah terhadap pelaku usaha UKM/UMKM sudah sangat tidak diragukan lagi. Berbagai jaminan perlindungan hingga kemudahan dalam mendapatkan bantuan UKM sudah disiapkan oleh pemerintah. Maka kenali dengan teliti bagaimana cara daftar bantuan UKM.

Para pelaku usaha diharapkan lebih rajin mencari informasi agar tidak sampai ketinggalan update terkini soal fasilitas dan kemudahan yang akan didapatkannya. 

Bantuan UMKM merupakan bantuan yang diberikan secara langsung oleh pemerintah kepada pemilik usaha bisnis UKM. Tujuan diadakan bantuan ini agar mampu mendorong kegiatan UMKM di Indonesia menuju ke arah yang lebih baik. Bahkan bantuan UMKM ini semakin menggeliat sejak era pandemi. 

Hal ini disebabkan oleh pelaku usaha UMKM di Indonesia termasuk dalam salah satu korban yang terdampak pandemi corona, adanya bantuan ini akan membantu para pelaku UKM dalam menjalankan usaha agar tetap berjalan lancar. Pada tahun lalu, bantuan sekitar 2 juta 400 ribu rupiah telah digelontorkan pemerintah. 

Sedangkan untuk tahun ini, pemerintah memberikan bantuannya  kepada pelaku UMKM senilai Rp1.2 jutaan dalam kurun waktu sekali pengambilan. Kalau ingin mendapatkan bantuan tersebut, para pelaku UMKM harus mendaftarkan dirinya terlebih dahulu sebagai syarat mutlak. Cara daftar bantuan UKM relatif mudah dan tidak ribet.

Sebelum itu, diharapkan juga bagi para pelaku usaha UKM/UMKM mempersiapkan berbagai dokumen kelengkapan persyaratan jika hendak mendaftarkan usahanya.

Syarat-syarat Daftar UMKM

  1. Pelaku UKM/UMK harus memiliki KTP. KTP menjadi dokumen utama yang sangat penting, dari sini registrasi dimulai.
  2. Warga Negara Indonesia/WNI. Pelaku usaha UKM haruslah Warga Negara Indonesia, bukan Warga Asing.
  3. Pendaftar adalah pelaku usaha mikro dan menengah, hal ini dapat dibuktikan dengan adanya surat rekomendasi calon penerima BPUM (Bantuan Produktif Usaha Mikro) dari pengusul BPUM beserta lampirannya yang menjadi satu kesatuan
  4. Tidak berstatus sebagai ASN/TNI/POLRI/BUMN, dan BUMD.
  5. Tidak dalam keadaan menerima Kredit Usaha Rakyat (KUR).
  6. Jika pelaku usaha dengan KTP berbeda dari tempat usaha, dapat melampirkan Surat Keterangan Usaha. Untuk mendaftarkan diri dan mendapatkan surat rekomendasi, maka bisa dengan cara mendaftarkan ke pihak Dinas Koperasi dan UKM di daerah setempat. 

Setelah pelaku UKM/UMKM memastikan persyaratan yang hendak diajukan untuk mendaftarkan bantuan sudah terpenuhi, maka jalan yang perlu dilakukan adalah memperhatikan cara pendaftaran bantuan UKM yang hendak di ambil. 

Baca juga: Inilah Cara Daftar UKM Online Secara Mudah

Berikut Cara Daftar Bantuan UKM/UMKM

  1. Menyertakan surat rekomendasi dari dinas koperasi setempat bagi para pelaku UKM/UMKM. 
  2. Melampirkan beberapa berkas kepada dinas koperasi setempat mulai dari: NIK, KK, Nama Lengkap, Alamat, No Telp, dan Identitas Bidang Usaha yang hendak di ajukan bantuan. 
  3. Proses verifikasi akan dilakukan pihak dinas koperasi. 

Jika sudah beres urusan persyaratan dan paham akan cara daftar bantuan UKM yang hendak ditempuh, maka berikut informasi lanjutan mengenai beberapa jenis usaha yang mendapatkan bantuan. 

Bentuk  Usaha yang Mendapatkan Bantuan UKM/UMKM

  •  UKM/UMKM  berbentuk home Industry (Usaha Rumahan)

Peluang untuk mendapat bantuan UMKM dalam model ini cukup besar dan terbuka lebar,  Namun, para pelaku UKM/UMKM ini wajib memastikan kembali bahwa usaha memiliki pemenuhan kriteria.

  • Legalitas Izin Usaha

Pelaku bisnis UKM/UMKM yang mendaftar wajib mendaftarkan usahanya kepada pihak desa atau kelurahan setempat secara legal.

  • Syarat Penerima Bantuan Harus Dipenuhi

Para Pelaku usaha UKM/UMKM terbukti telah menyelesaikan prosedur atau dokumen persyaratan menyeluruh

Manfaat UKM/UMKM

  1. Sarana Kesejahteraan Masyarakat

Peluang baru bagi masyarakat setempat yang selama ini menganggur, usaha UKM/UMKM terbukti menciptakan sarana baru demi kesejahteraan masyarakat setempat bahkan mampu berdampak secara luas.

  1. Meratanya Ekonomi Rakyat dan Peningkatan Kualitas Sumber Daya Manusia/SDA

UKM/UMKM terbukti mampu menyerap banyak tenaga kerja, terutama di bagian sektor informal. Hal ini secara otomatis mampu mengurangi angka kemiskinan yang ada pada masyarakat kelas bawah. Bahkan, pelaku usaha yang lahir dari UKM/UMKM akan lebih cermat dan giat dalam membangun ekonomi daerah.

  1. Sebagai Sumber Devisa Negara 

UKM/UMKM terbukti mampu memberikan pemasukan bagi devisa Negara, hal ini  dikarenakan pasarnya yang tidak hanya menjangkau dalam negeri melainkan bisa mencapai keluar negeri. 

  1. Upaya Pemerataan Ekonomi Rakyat 

Para pelaku usaha UKM/UMKM terbukti mampu menciptakan sebuah inovasi kemaslahatan masyarakat setempat, mereka mampu memberikan sebuah upaya nyata yakni memeratakan ekonomi masyarakat, meski perlu adanya konsistensi di dalam tubuh pemilik usaha, faktanya perlahan mereka mampu menjadi penyelamat masyarakat.

Seiring dengan berjalannya waktu, pelan-pelan UKM/UMKM akan menjelma menjadi usaha yang menjanjikan dan mampu memberikan pelayanan terbaiknya seperti pemenuhan kebutuhan masyarakat setempat tanpa perlu berbondong-bondong lari ke kota pusat. 

Itulah penjelasan mengenai cara daftar bantuan UKM. Sungguh tidak diragukan lagi bahwa UKM/UMKM telah memberikan begitu besar peluang keuntungan. Jangan menunda untuk memulai usaha, karena aneka bantuan dari pemerintah telah disiapkan. 

Baca juga: 10 Jalan Mendapatkan Modal UMKM

Oh ya, pelaku usaha UKM/UMKM barang tentu tidak asing dengan software Invoice Digital. Invoice Digital adalah dokumen penting yang memiliki fungsi sebagai bukti transaksi penjualan atau pembelian dengan menggunakan format elektronik (data digital).

Dokumen ini berisi: informasi atau data daftar barang, harga barang, nama barang, dan jumlah pembayaran yang wajib dibayarkan oleh pihak pembeli. kamu bisa menggunakan software dari Sahabat Bisnis.

Invoice Digital memudahkan bagi pelaku usaha atau pemilik UKM/UMKM online. Produk baru yang akan dirilis dan menjadi produk unggulan dari Sahabat Bisnis ini adalah invoice financing.

Ini adalah fitur yang akan  membantu peminjaman modal bagi pelaku usaha atau pemilik UKM/UMKM. Invoice financing ini merupakan sebuah bentuk pinjaman jangka pendek yang menggunakan jaminannya adalah tagihan invoice yang belum dibayar.

Menariknya, Jumlah pada faktur yang belum terbayar bisa menjadi jumlah pinjamanan yang hendak diajukan. Selamat mencoba, semoga sukses! 

Cara Daftar Bantuan UKM
spot_img

Latest articles

Explore more

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here