spot_img
spot_img
HomeLainnyaTips BisnisPeluang Usaha UMKM Ekonomi Kreatif yang Menguntungkan

Peluang Usaha UMKM Ekonomi Kreatif yang Menguntungkan

Pernahkah kamu mendengar istilah ekonomi kreatif pada usaha UMKM? Istilah ini mungkin masih asing di sebagian telinga.  Singkatnya, ekonomi kreatif dapat diartikan sebagai kreativitas yang dituangkan pada aktivitas ekonomi.

Pemerintah Indonesia sendiri sedang menggencarkan ekonomi kreatif sebagai bentuk pemulihan ekonomi pasca pandemi yang terjadi dalam kurun waktu 2 tahun belakangan ini.

Ir. H. Joko Widodo, Presiden Republik Indonesia, menyatakan dukungannya terhadap pelaku-pelaku usaha menengah yang telah membantu meningkatkan perekonomian negara.

Sayangnya, masih banyak yang belum mengerti bahwa kreativitas sangat dibutuhkan ketika kamu berniat menjalankan sebuah usaha, khususnya UMKM. Hal inilah yang mampu membuat kamu memiliki perbedaan daya tarik tersendiri sebagai pelaku bisnis.

Kreativitas yang dikelola dengan baik akan memberikan dampak yang baik pula terhadap jalannya sebuah bisnis kreatif. Untuk mendapatkan ide bisnis, perlu adanya riset mendalam dan mencari tahu lebih lanjut.

Melalui tulisan ini, kamu akan mendapatkan pengetahuan lebih mengenai manfaat ekonomi kreatif dan contoh UMKM yang dapat kamu jalani.

Manfaat Ekonomi Kreatif sebagai Peluang Usaha Masa Kini

  1. Meningkatkan Kreativitas Manusia

Manusia saat ini dituntut menjadi pelaku usaha yang kreatif dan juga inovatif. Terlihat dari berbagai macam usaha kecil yang bermunculan saat ini dipengaruhi oleh kreativitas manusia yang terus berkembang.

Kreativitas yang dibutuhkan bukan hanya pada tentang produk tetapi juga bagaimana usaha tersebut dikelola dan dikembangkan.

  1. Inovasi Baru Cepat Berkembang

Peningkatan kreativitas menyebabkan banyak ide-ide baru dan kreatif yang disesuaikan dengan kondisi saat ini.

Misalnya, pandemi membuat setiap orang harus melakukan aktivitasnya di rumah. Kondisi ini membuat terciptanya ide berbelanja kebutuhan rumah apapun dapat dilakukan melalui smartphone. 

  1. Meningkatkan Kualitas Produk

Persaingan bisnis ekonomi kreatif yang semakin ketat membuat banyak pelaku usaha berlomba-lomba untuk menjual produk yang berbeda dari usaha lainnya.

Hal ini juga didukung oleh permintaan masyarakat mengenai produk yang aman dan berkualitas. Sehingga pelaku usaha akan memproduksi barang secara baik untuk menciptakan produk yang diinginkan masyarakat.

  1. Menciptakan Lapangan Pekerjaan Baru

Setiap usaha kebanyakan akan membutuhkan karyawan yang dapat membantu operasionalnya. Apalagi jika yang dibutuhkan adalah seorang ahli pada bidang tertentu.

Dengan terciptanya lapangan pekerjaan dapat membantu mengurangi angka pengangguran sehingga ekonomi negara pun meningkat.

  1. Membantu Pertumbuhan Ekonomi Negara

Pada akhirnya, bisnis ekonomi kreatif yang usaha berjalan lancar dalam jangka panjang akan meningkatkan kesejahteraan para pelaku usaha.

Dengan begitu, rantai ekonomi negara pun dapat terpenuhi dengan banyaknya usaha ekonomi kreatif yang bermunculan.

Banyak sekali ya manfaat dari ekonomi kreatif yang bisa kita dapatkan. Setelah mengetahui manfaatnya, berikut ide-ide usaha untuk UMKM yang bisa kamu coba ambil sebagai referensi bisnis: 

Baca juga: 10 Contoh Usaha Kecil Menengah yang Potensial di Tahun 2023

7 Ide Usaha UMKM Ekonomi Kreatif di Indonesia

  1. Kerajinan Tangan

Rotan menjadi salah satu bahan perlengkapan rumah tangga yang menjadi produk kerajinan tangan. Mulai dari penutup jendela, kursi, meja sering kita temui berasal dari rotan.

Teksturnya yang lentur membuat rotan mudah dibentuk sehingga banyak orang yang tertarik menjalani bisnis ini.

  1. Barang Daur Ulang

Kemasan sisa cemilan yang kamu konsumsi tidak semata-mata menjadi sampah. Bekas kemasan ini masih memiliki nilai yang dengan cara daur ulang menjadi barang yang dapat digunakan untuk kehidupan sehari-hari.

Kemasan bekas tersebut dapat kamu buat menjadi kotak penyimpanan barang, tong sampah kecil, bingkai foto, dan barang lainnya sesuai dengan kreativitas kamu.

Nyatanya banyak yang menyukai barang-barang yang terbuat dari barang bekas alih-alih menjaga kelestarian lingkungan. Kamu dapat memanfaatkan potensi ini sebagai salah satu usaha UMKM ekonomi kreatif yang menguntungkan.

  1. Jasa Edit dan Desain

Sesuai dengan namanya, jasa edit dan desain ini menawarkan ide-ide kreatif yang akan dituangkan pada produk sebuah bisnis. Jasa ini sangat dibutuhkan oleh perusahaan yang belum memiliki divisi kreatif untuk menjalani pekerjaan ini. 

Editor biasanya jalan beriringan dengan pekerjaan kreatif dan desain. Seorang pengedit biasanya bertanggung jawab mengoreksi kesalahan-kesalahan yang terdapat pada sebuah desain berupa foto, video, tulisan, bahkan video animasi. 

Kamu bisa memulainya melalui tenaga lepas harian atau sering dikenal dengan freelancer. Mengapa seorang kreatif jarang dipekerjakan secara penuh waktu atau full time

Jawabannya karena tidak semua perusahaan terus menerus membutuhkan aktivitas kreatif dalam bisnisnya. Sehingga sistem kerja freelance lebih disarankan.

  1. Content Creator

Semua yang memiliki kreativitas dalam membuat konten disebut sebagai content creator. Saat ini, sudah banyak sekali yang menekuni content creator sebagai pekerjaan.

Maka dari itu, jika kamu ingin terjun sebagai content creator, buatlah konten yang belum dilakukan oleh kebanyakan. Cari keunikan diri kemudian tonjolkan menjadi ciri khas kamu sebagai content creator.

  1. Custom Product

Seringkali kita temukan barang-barang yang memiliki bentuk atau gambar yang berbeda dengan barang pada umumnya. Misalnya, gelas atau cangkir yang memiliki desain nama atau gambar karakter tertentu.

Ini bisa menjadi ide bisnis baru yaitu membuat custom desain sesuai dengan permintaan klien  pada benda-benda tertentu. Pekerjaan ini dapat kamu temukan pada bisnis percetakan.

Baca juga: Contoh Usaha UMKM untuk Ibu Rumah Tangga

  1. Penulis Kreatif

Kelihatannya pekerjaan ini hanya menulis, tetapi percayalah bahwa tidak semua orang memiliki kemampuan menulis sesuatu yang berhubungan kreativitas.

Biasanya kamu akan berhubungan dengan klien yang mengajukan permintaan tulisan sesuai dengan tema yang diinginkan. 

  1. Profesi MUA

Bidang kecantikan rasanya tidak akan ada habisnya seperti tren fashion dalam gaya hidup. Khususnya bagi sebagian perempuan, berdandan cantik wajib dilakukan sebelum keluar rumah. Make Up Artist (MUA) juga termasuk salah satu usaha umkm yang banyak diminati. 

Namun, tak semua perempuan memiliki kemampuan berdandan apalagi dengan riasan yang sulit untuk acara-acara resmi seperti menghadiri pernikahan.

Kehadiran profesi MUA sangat membantu para perempuan yang ingin tampil cantik pada momen tertentu. 

Keahlian ini bisa kamu dapatkan melalui pelatihan secara resmi yang nantinya kamu akan mendapatkan sertifikat.

Nah, dari ketujuh usaha UMKM yang termasuk ke dalam ekonomi kreatif, manakah yang membuat kamu tertarik untuk dicoba? Sebelum mencobanya, pastikan kamu telah memiliki persiapan yang matang ya.

Untuk keperluan invoice online, kamu dapat menggunakan produk dari Sahabat Bisnis yaitu Invoice Digital. Karena produk ini dapat sangat membantu kamu melakukan penagihan kepada klien.

Sebentar lagi Sahabat Bisnis akan merilis fitur mobile-friendly untuk Invoice Digital.

Fitur tambahan ini dapat membantu bisnis UKM/UMKM karena semakin mudah dalam membuat invoice via smartphone.

Tertarik mencobanya? Klik gambar di bawah ini untuk coba gratis sekarang! 

usaha umkm
spot_img

Latest articles

Explore more

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here