spot_img
spot_img
HomeLainnyaTips BisnisPengertian Usaha Mikro dan Kelebihan yang Dimilikinya

Pengertian Usaha Mikro dan Kelebihan yang Dimilikinya

Saat ini, perkembangan usaha mikro di Indonesia sedang mengalami perkembangan yang cukup pesat. 

Sehingga banyak sekali usaha berskala kecil bermunculan dan menguasai perekonomian negara.

Lalu, apa yang kamu ketahui tentang usaha berskala mikro? Apa saja keuntungan dari usaha ini? Jenis usaha apa saja yang sukses dijalani sebagai UMKM? Mari kita bahas melalui penjelasan berikut ini.

Pengertian Usaha Mikro

Istilah mikro dalam bidang ekonomi sudah cukup dikenal di telinga masyarakat terutama bisnis dan usaha. 

Pengertian mikro dalam dunia usaha diartikan sebagai bisnis ekonomi yang dijalankan seseorang dalam lingkup yang masih kecil. Bisnis ini biasa dikenal dengan nama UMKM.

Sebuah usaha dapat dikatakan mikro apabila berhasil memenuhi beberapa syarat diantaranya adalah kekayaan tahunan dihitung dari pendapatan bersih tahunan bisnis tersebut.

Syarat lainnya adalah memiliki hak dan perizinan sesuai dengan undang-undang yang berlaku. 

Hamdani sebagai pakar ekonomi menyampaikan beberapa syarat UMKM lainnya, sebagai berikut:

  1. Kekayaan

Pendapatan yang dijadikan sebagai kekayaan bersih dari hasil usaha berskala mikro tidak lebih dari Rp50.000.000,-. 

Sedangkan untuk jumlah penjualannya tidak kurang dari Rp100.000.000,-. 

Usaha berskala mikro yang ingin mengajukan pinjaman modal ke bank tidak bisa lebih dari Rp50.000.000,-.

  1. Pemilik Usaha

UMKM umumnya dimiliki oleh perorangan bukan perusahaan atau badan usaha yang berbadan hukum. Untuk badan usaha tidak berbadan hukum termasuk dapat disebut sebagai UMKM.

  1. Jumlah Pekerja

Skalanya yang kecil biasanya operasional dari usaha tersebut juga belum seluas usaha makro. Sehingga kebanyakan usaha mikro hanya memiliki karyawan tidak lebih dari 5 orang.

  1. Tempat Usaha

Kebanyakan UMKM masih melakukan trial and error dengan mencari tempat usaha yang memang benar-benar cocok dan strategis. 

Bahkan beberapa UMKM menggunakan rumah pribadinya sebagai tempat usaha.

Hal ini yang menyebabkan seorang pengusaha jenis mikro mengalami kesulitan untuk daftar UMKM secara resmi. Mengapa? Ini karena terdapat kendala pada surat dan perizinan.

  1. Pengelolaan Keuangan

Usaha yang skalanya masih mikro juga belum mulai mengelola keuangan usahanya. Bahkan mereka belum memisahkan antara keuangan pribadi dengan bisnisnya.

Baca juga: 10 Jalan Mendapatkan Modal UMKM

Kelebihan Menjalankan Usaha atau Bisnis Mikro

  1. Mudah untuk Melakukan Percobaan

Sebagai usaha dengan skala kecil membuat UMKM lebih mudah melakukan banyak percobaan sebagai kesempatan untuk berinovasi.

UMKM dapat mengembangkan bisnisnya dengan teknologi yang ada tanpa harus memikirkan banyak pertimbangan.

  1. Membuka Lapangan Pekerjaan

Meski bukan usaha yang besar layaknya sebuah perusahaan, tetap saja UMKM membutuhkan karyawan untuk menjalankan operasional bisnisnya.

Untuk latar belakang karyawan yang dibutuhkan biasanya bergantung pada bidang UMKM tersebut. Beberapa memang hanya membutuhkan karyawan lulusan sekolah dasar bahkan tanpa ijazah.

Namun, tak menutup kemungkinan UMKM membutuhkan karyawan yang sudah profesional di bidang tertentu.

  1. Mudah Adaptasi dengan Kondisi Pasar

Semenjak Indonesia dihadapkan dengan pandemi, kondisi perekonomian negara ini tidak stabil. Banyak usaha dan bisnis yang berjuang mempertahankan kondisi bisnisnya di tengah pandemi.

Pada kondisi tersebut, justru UMKM dinilai dapat bertahan lebih baik daripada perusahaan besar. Hal ini dikarenakan tanggungan yang dimiliki UMKM masih berskala kecil.

Contoh UMKM yang Sukses di Indonesia

Sebaiknya simak dulu apa saja jenis UMKM yang sukses di Indonesia berikut ini:

  1. Usaha Kuliner

Makanan sebagai kebutuhan primer menjadi alasan utama kesuksesan usaha mikro pada bidang kuliner. 

Berbagai macam makanan dapat dijual mulai dari makanan ringan, makanan siap saji, hingga makanan berat.

Tak hanya makanan, kamu juga bisa mencoba untuk menjalani usaha berjualan minuman. Sama dengan makanan, minuman termasuk ke dalam kebutuhan pokok yaitu pangan.

Modal yang dibutuhkan untuk memulai usaha di bidang kuliner tidak banyak. 

Sayangnya, kamu akan memiliki saingan bisnis yang sangat banyak. Sehingga buatlah keunikan dari bisnis kuliner yang kamu jalani.

Baca juga: Rekomendasi Usaha UMKM Bidang Kuliner

  1. Usaha Fashion

Tren berpakaian dari masa ke masa selalu mengalami perubahan. Hal ini dapat kamu manfaatkan untuk mulai bisnis di bidang fashion, seperti pakaian, tas, sepatu, dan juga aksesoris.

Selalu up-to-date dengan model dan gaya yang menjadi permintaan pasar. Salah satu bisnis pakaian yang sangat menarik adalah bisnis pakaian bayi.

Angka kelahiran bayi di Indonesia yang cukup tinggi menjadi alasan mengapa usaha bidang ini memiliki potensi yang bagus. 

Selain itu, para orang tua memiliki kecenderungan untuk memberikan yang terbaik untuk buah hatinya melalui pakaian.

Tak hanya itu, aksesoris juga dapat menjadi ide bisnis kecil-kecilan yang dapat kamu jalani tanpa harus membutuhkan modal yang besar.

Banyaknya masyarakat yang memiliki keinginan untuk selalu tampil modis dan mengikuti zaman membuat usaha berjualan aksesoris cukup menjanjikan.

Bahkan kamu bisa menjual produk aksesoris yang dibuat dari kerajinan tangan. Biasanya akan menghasilkan produk yang unik dan tidak memiliki kesamaan dengan pasar.

Sudah banyak yang mendapatkan keuntungan yang banyak dari bisnis fashion. Apalagi, perkembangan zaman yang pesat membuat kamu dapat memulai bisnis ini melalui online.

  1. Usaha Jasa

Rasanya tidak hanya bisnis produk berupa barang saja yang dapat menjadi ide bisnis zaman sekarang. 

Bisnis jasa yang mulai banyak digeluti pengusaha diantaranya jasa cuci pakaian (laundry) dan jasa membersihkan dna merapikan rumah atau kendaraan.

Banyaknya rumah tangga yang tidak memiliki banyak waktu untuk membersihkan dan merapikan rumah. Hal ini menjadi kesempatan kamu untuk mulai menggeluti bisnis jasa.

Seseorang yang memiliki kesibukan di luar rumah dan tidak memiliki asisten rumah tangga pribadi lebih banyak memilih menggunakan layanan kebersihan. Apalagi layanan yang dapat dipanggil sewaktu-waktu ke rumah.

Baca juga: Contoh Usaha Menengah yang Cocok untuk Pegawai Kantoran

Kamu dapat menawarkan jasa membersihkan rumah. Mulai dari menyapu, mengepel, mencuci pakaian, sampai dengan membersihkan furniture rumah dengan alat penyedot debu atau vacuum cleaner.

Dibalik keuntungan dan potensi keberhasilan dari usaha mikro seringkali mengalami kendala pada modal usahanya. 

Sahabat Bisnis sangat merekomendasikan kamu untuk mengajukan modal usaha pada Invoice Financing. Fitur tambahan ini nantinya akan dirilis agar bisa membantu usaha mikro. 

Nah, jika masalah modal teratasi, kamu harus mempersiapkan pencatatan keuangan agar bisnis tetap lancar

Tenang! Karena Sahabat Bisnis juga menyediakan Invoice Digital yang akan membantumu.

Bagaimana? Tertarik mencobanya sendiri? Kunjungi website Sahabat Bisnis untuk informasi lengkap mengenai Invoice Digital atau klik gambar dibawah ini!

usaha mikro
spot_img

Latest articles

Explore more

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here