spot_img
spot_img
HomeE-InvoicingPentingnya Laporan Arus Kas dan Tagihan Penjualan untuk Kelancaran Bisnis

Pentingnya Laporan Arus Kas dan Tagihan Penjualan untuk Kelancaran Bisnis

Laporan arus kas sudah menjadi sumber kehidupan bagi sebuah bisnis. Jika arus kas masuk lebih banyak dibanding arus kas keluar, artinya arus kas positif dan begitu juga sebaliknya.

Buruknya arus kas bisa menimbulkan kerugian hingga kebangkrutan baik dalam skala kecil maupun besar. Tentu kamu tidak ingin hal itu terjadi bukan? 

Mulai dari sekarang, ada baiknya untuk memonitor arus kas atau segala hal yang berhubungan dengan finansial, termasuk tagihan penjualan atau invoice. Invoice yang ditagih tepat waktu juga akan berdampak positif pada keuangan perusahaan. Pastikan kamu memiliki data yang akurat.

Berikut beberapa alasan mengapa laporan arus kas begitu penting terhadap kemajuan bisnis.

  1. Membuat Rincian Pengeluaran Secara Akurat

Peranan arus kas dalam bisnis begitu penting, termasuk dalam membuat rincian pengeluaran dalam bisnis. Laporan arus kas berguna untuk memperjelas pembayaran pokok perusahaan kepada krediturnya.

Di dalamnya terdapat catatan transaksi tunai maupun transaksi yang tidak tercermin dalam laporan keuangan lainnya. Misalnya saja seperti pembelian barang persediaan, memberikan kredit kepada pelanggan, hingga belanja peralatan sebagai modal produksi. Semua tercatat secara rinci dan akurat. 

  1. Mengetahui Laba Bersih dan Arus Kas Bersih

Gagal atau suksesnya perusahaan dapat ditentukan oleh angka laba bersih pada laporan arus kas. Sebagai entrepreneur, kamu wajib mengamati arus kas dari satu periode dengan periode lainnya.

Jika ditemukan perbedaan, maka penyebabnya bisa diketahui. Kegunaan lainnya juga mempermudah pengambilan keputusan untuk kelangsungan bisnis. Ini yang menjadikan laporan arus kas termasuk invoice penjualan barang menjadi sangat penting. 

Laporan arus kas yang terinci dengan sangat baik juga membantu kamu fokus dalam menghasilkan keuntungan. Ketika sudah menemukan strategi dan alternatif yang pas dalam hal pengeluaran, keuntungan yang didapatkan bisa lebih banyak. Selain itu, invoice penjualan yang dikirim lebih cepat dari biasanya, juga akan memberikan lebih banyak uang.

  1. Memudahkan Perencanaan
Laporan Arus Kas

Keberadaan laporan arus kas bisa mengetahui kondisi sebuah perusahaan apakah mampu memenuhi segala kewajiban jangka pendek, seperti pelunasan yang akan datang. Laporan arus kas di masa lalu akan sangat membantu kamu maupun manajer keuangan dalam mengambil keputusan penting bagi bisnis. Misalnya saja seperti memperkirakan defisit kas untuk melunasi hutang atau menetapkan dasar untuk meminta kredit dari bank. 

  1. Menilai Kemampuan Bisnis

Pencatatan laporan arus kas yang rinci dapat membantu kamu untuk mengetahui kemampuan bisnis dalam beroperasi. Misalnya, menganalisis apakah keuangan perusahaan saat ini dapat digunakan untuk membayar semua kewajiban operasional.

Beberapa contoh kewajiban operasional bisnis termasuk, pembayaran gaji karyawan, pembayaran hutang, membayar dividen atau pembagian laba pada pemegang saham, dan lainnya.

  1. Memprediksi Kondisi Keuangan

Ketika laporan arus kas saat ini mengalami defisit, kamu wajib menyiapkan beberapa strategi untuk meningkatkan pendapatan bisnis. Kondisi ini dapat digunakan untuk menilai apakah kondisi keuangan perusahaan dalam keadaan sehat atau terpuruk.

Jika perusahaan dapat membayar kewajibannya tepat waktu, kondisi keuangan perusahaan dapat dikatakan sehat. Sebaliknya, jika tidak menepati kewajibannya tepat waktu, artinya kondisi keuangan perusahaan terbilang buruk. Perusahaan dapat membuat prediksi yang lebih baik lagi, dari segi waktu, jumlah, dan lainnya. 

Baca Juga: Langkah Menyusun Laporan Rencana Bisnis yang Efektif

Perlancar Arus Keuangan Bisnis dengan Invoice Tagihan Penjualan Electronic!

Salah satu yang mendukung kelancaran arus keuangan adalah pendapatan perusahaan. Invoice tagihan penjualan punya peran penting untuk kemajuan bisnis. Sekarang, tak perlu lagi cetak invoice penjualan dalam jumlah banyak yang berisi tagihan oleh client, customer, atau pembeli. Kamu bisa membuatnya lebih cepat dan simple menggunakan electronic invoice atau e-invoice. 

Cara kerja e-invoice yaitu dengan mentransfer file data antar komputer. Datanya sangat terstruktur dan memudahkan pengguna untuk memahami serta menyimpannya secara otomatis. Data perusahaan juga aman karena banyak dari penyedia e-invoice telah mematuhi standar keamanan PCI atau PCI Security Standards.

Sahabat Bisnis bisa jadi solusi untuk bisnismu! Di dalamnya juga terdapat banyak fitur, seperti: 

  • Dasbor Manajemen
  • Manajemen Produk
  • Manajemen Produk
  • Manajemen Mitra (SaBiNetwork)
  • Tagihan Keluar
  • Tagihan Masuk
  • Penghitungan Pajak

Cuma perlu hitungan detik, invoice penagihan bisa dengan mudah terkirim secara online dan cepat. Kompensasi yang diterima tidak lagi tertunda! Arus kas keuangan perusahaan berjalan lancar tanpa hambatan. Kamu tinggal melakukan langkah mudah, mulai dari sign up untuk membuat akun Sahabat Bisnis terlebih dahulu. Lalu, manfaatkan fitur yang ada agar pekerjaan terasa lebih efisien. 

Buat kamu yang ingin menjalankan bisnis, wajib mengamati arus kas keuangan perusahaan secara berkala agar tidak salah dalam mengambil keputusan di masa mendatang.

Tagihan penjualan akan sangat membantu perusahaan dalam mendapatkan keuntungan. Agar prosesnya lebih praktis, pakai e-invoice dari SaBi. Solusi bisnismu cuan terus! Daftar sekarang dan coba gratis! 

Laporan Arus Kas
spot_img

Latest articles

Explore more

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here