spot_img
spot_img
HomeLainnyaTips BisnisRekomendasi Usaha UMKM Bidang Kuliner

Rekomendasi Usaha UMKM Bidang Kuliner

Ada berbagai macam jenis usaha UMKM yang bisa dijadikan sebagai pilihan. Salah satunya adalah usaha kuliner. Bisnis kuliner merupakan kebutuhan pokok yang dibutuhkan semua orang. Mulai dari anak-anak hingga orang tua, semua memerlukan asupan makanan agar dapat menunjang aktivitas mereka. 

Adanya kebutuhan makanan inilah yang menjadi peluang dan dapat dimanfaatkan. Selama masyarakat masih melakukan aktivitas, bisnis kuliner mempunyai potensi untuk dijalankan. 

Pilihan Usaha UMKM Kuliner 

Bila bingung memilih bisnis UMKM yang akan dijalankan, berikut sejumlah referensi yang bisa kamu jadikan sebagai bahan pertimbangan, antara lain:

  1. Camilan Keripik

Pilihan UMKM kuliner yang pertama adalah camilan keripik. Keripik menjadi camilan yang banyak disukai. Selain itu permintaan pada aneka produk keripik juga semakin meningkat. Camilan keripik yang bisa kamu coba juga beragam. 

Kamu bisa membuat keripik singkong, ketela, bahkan yang sedang viral adalah keripik dari sayuran. Agar berbeda dari brand-brand sebelumnya, kamu bisa membuat produk yang lebih fresh seperti keripik aneka pilihan pedas. 

  1. Bumbu Kemasan

Sebenarnya, bisnis UMKM tidak harus yang memiliki bentuk makanan, kamu juga bisa mencoba bisnis bumbu kemasan. Saat ini, banyak orang yang menyukai hal praktis, termasuk urusan masak-memasak. 

Dibandingkan dengan bumbu kemasan dari pabrik, bumbu kemasan homemade jauh lebih menarik perhatian. kamu bisa menciptakan berbagai macam bumbu masakan dan dikemas dengan praktis sehingga konsumen dapat menggunakannya dengan mudah. 

  1. Minuman

Usaha lain yang bisa kamu coba adalah minuman kekinian. Usaha UMKM khususnya kuliner, sebenarnya tidak harus berupa produk makanan saja, tetapi juga dapat berbentuk minuman. 

Ada berbagai macam jenis minuman yang bisa kamu jual di pasaran. Contohnya, kamu bisa membuat minuman jus buah, kemudian aneka es kopi, hingga minuman boba. Jangan lupa, kreasikan produk kamu menjadi lebih menarik sehingga bisa laris manis di pasaran. 

  1. Salad Buah

Produk kuliner yang tidak boleh ketinggalan untuk kamu coba adalah salad buah. Makanan ini banyak diminati masyarakat, utamanya adalah penggemar buah. Jangan salah, bisnis salad buah juga termasuk dalam UMKM makanan ringan. 

Bisnis salad buah bisa dikatakan sebagai makanan yang unik serta tidak biasa. Lebih-lebih jika kamu dapat menyajikan salad buah dengan bentuk yang unik dan menarik, seperti membuat aneka jenis kuah atau saos yang belum pernah digunakan sebelumnya. 

Baca juga: Kenali Usaha Mikro Kecil Menengah Go Digital

  1. Catering Harian

Ide lain yang bisa kamu coba adalah catering harian. Bisnis ini memiliki peluang yang cukup besar di tengah masyarakat. Kamu dapat menawarkan produk ini pada orang-orang yang tidak sempat memasak. 

Sebagai tips, kamu dapat mempromosikan catering harian ini di media sosial. Selain itu berikan beberapa varian harga. Sehingga pelanggan dapat memilih harga catering sesuai dengan kemampuan kantong, karena kebanyakan orang yang mengonsumsi catering harian bukan hanya pekerja kantoran. 

Cukup banyak mahasiswa kost yang lebih memilih menggunakan jasa catering harian agar memperoleh makanan yang bergizi tetap juga tetap irit. 

  1. Catering Sehat
Usaha UMKM
Image by denamorado on Freepik

Apa beda catering sehat dengan catering harian? Bila pada catering sehat, kamu harus lebih memperhatikan aturan kalori. Selain itu kamu juga harus mengkombinasikan makanannya sehingga benar-benar sehat. 

Bahan makanan yang digunakan juga harus menggunakan bahan organik, kemudian untuk penyedap rasa, kamu bisa menggunakan kaldu jamur, sedangkan garam menggunakan sea salt. 

  1. Bisnis Kue

Hingga sekarang, bisnis kue masih memiliki peluang yang terbuka lebar. Kamu bisa mencoba memproduksi kue tradisional sampai kue modern. Usaha UMKM ini bisa kamu jalankan dengan sistem pre order, sehingga konsumen harus melakukan pemesanan terlebih dulu. 

Bisnis ini cocok bagi kamu yang mempunyai bakat baking serta mahir melakukan kreasi dengan berbagai macam bahan kue. 

  1. Warung Nasi

Bila rumah kamu dekat dengan kampus atau perkantoran, kamu juga bisa mencoba membuka usaha warung nasi. Bisnis ini mempunyai pasaran yang sangat jelas, selain itu banyak orang yang memerlukan keberadaan layanan warung nasi untuk memenuhi kebutuhan mereka. 

  1. Snack Box

Bisnis snack box juga dapat kamu jadikan sebagai pilihan. Bisnis ini bisa mendatangkan keuntungan dengan jumlah yang cukup lumayan. Kamu dapat menawarkan snack box untuk berbagai macam acara. 

Bila ingin menggeluti bisnis ini, kamu bisa mengkreasikan isi snack box agar lebih menarik, selain itu harga yang vberikan juga bisa beragam, sehingga pelanggan yang memesan bisa menyesuaikan anggaran yang mereka miliki. 

Jangan lupa, promosikan bisnis kamu di media social dan bentuk tim marketing sehingga usaha kamu menjadi semakin lebar. 

  1. Ayam Goreng Korea

Dengan menjamurnya drama Korea di Indonesia, makanan khas Korea juga ikut masuk di pasar kuliner Indonesia. Bila kamu gemar mengkreasikan resep, kamu bisa mencoba kuliner ayam goreng Korea. 

Ayam goreng Korea ini memiliki penikmat yang cukup banyak, selain itu modal yang dibutuhkan untuk memulai bisnsi ini juga tidak begitu besar. 

Ketika sudah memilih bisnis yang sesuai dengan modal dan minat yang kamu miliki, hal berikutnya yang harus kamu lakukan adalah memperhatikan masalah pengelolaan.

Meskipun masih berstatus sebagai UMKM, kamu tetap harus disiplin dalam mengelola keuangan. Khususnya, ketika mendapatkan pesanan partai besar. Agar lebih mudah melakukan pencatatan tagihan keluar dan masuk, invoice digital dapat dijadikan sebagai pilihan.

Sahabat Bisnis menjadi salah satu penyedia invoice digital yang bisa kamu andalkan. Bahkan, setelah kamu menggunakan invoice digital dari Sahabat Bisnis, kamu bisa memperoleh invoice financing untuk mengembangkan usaha UMKM yang kamu miliki. 

Usaha UMKM
spot_img

Latest articles

Explore more

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here