spot_img
spot_img
HomeE-InvoicingSerba-Serbi Invoice Financing Sebagai Modal Usaha Mikro

Serba-Serbi Invoice Financing Sebagai Modal Usaha Mikro

Invoice Financing bisa jadi solusi pendanaan cepat untuk pelaku bisnis mendapatkan modal usaha mikro. Invoice atau faktur yang biasanya dikirimkan pihak penjual kepada pembeli dapat digunakan untuk mengajukan pinjaman. Invoice yang dipakai adalah faktur yang belum dibayar oleh pelanggan. 

Dengan begitu pemilik bisnis bisa mendapatkan bantuan dana untuk menjaga usahanya tetap berjalan. Sebab menunggu pelunasan tagihan selesai dari pelanggan, akan membutuhkan waktu sampai jatuh tempo faktur. Sedangkan untuk keperluan bisnis setiap harinya selalu ada biaya yang harus dikeluarkan.

Jika pemilik bisnis hanya mengandalkan pemasukan dari pembayaran pelanggan, lama kelamaan bisnis akan gulung tikar. Karena uang modal yang seharusnya dipakai lagi untuk membeli barang atau melakukan produksi, tidak ada.  

Pengertian Invoice Financing Sebagai Modal Usaha Mikro

Invoice financing adalah bentuk pinjaman jangka pendek menggunakan tagihan invoice yang belum dibayar sebagai jaminan. Besaran pinjaman yang diajukan sesuai dengan jumlah pada faktur yang belum terbayar. 

Tersendatnya pembayaran dari pelanggan akan mempengaruhi cash flow bisnis. Anda akan kesulitan untuk membeli kebutuhan usaha dan membayar pengeluaran karena kehabisan modal. 

Oleh karena itu, pembiayaan faktur bisa membantu menjaga kas usaha tetap terisi. Nantinya, setelah pelanggan menyelesaikan tagihan pembayaran, uang tersebut bisa digunakan untuk membayar kembali pinjaman. 

Bagi Anda yang menjalankan bisnis UMKM, invoice financing dapat menjadi jalan keluar mendapatkan modal usaha mikro dengan cepat. Sebab proses pengajuan pembiayaan faktur umumnya lebih cepat dibanding produk pinjaman lainnya. 

Selama proses pencatatan invoice tersusun rapi, Anda bisa mengajukan pinjaman kapanpun, loh! Selain itu Anda tidak perlu menyiapkan agunan, karena invoice sudah dijadikan sebagai jaminan.

Baca Juga: 5 Keuntungan Pakai Aplikasi Invoice, Gratis dan Hemat Waktu!

Jenis Invoice Financing

Terdapat dua jenis invoice financing, yaitu invoice factoring atau disebut juga anjak piutang dan invoice discounting atau pembiayaan piutang. Perbedaan di antara keduanya ada pada jumlah dana pinjaman yang cair dan keterlibatan pemberi pinjaman dalam penyelesaian pembayaran tagihan.

  1. Invoice Factoring (Anjak Piutang)

Dalam invoice factoring pemberi pinjaman (lender) akan terlibat aktif dalam melakukan credit control untuk memastikan pelanggan Anda membayar tagihan tepat waktu. 

Sehingga pelanggan bisnis Anda akan mengetahui bahwa Anda mengajukan invoice financing. Lender akan mencairkan dana pinjaman 70% sampai 80% dari total invoice. 

  1. Invoice Discounting

Sedangkan dalam invoice discounting pemilik bisnis sendiri yang melakukan credit control. Pelanggan tidak mengetahui bahwa Anda mengajukan pinjaman. Lender akan mencairkan dana pinjaman sampai 95% dari total invoice. 

Saat pelanggan sudah membayar tagihannya, Anda bisa melunasi invoice discounting beserta bunga sesuai perjanjian yang sudah disepakati.  

Cara Kerja Invoice Financing

Secara umum berikut ini tahapan bagaimana cara kerja invoice financing untuk mendapatkan modal usaha mikro:

  1. Ketika pelanggan membeli barang atau jasa, Anda akan mengeluarkan invoice
  2. Kemudian faktur pelanggan yang belum terbayar tersebut Anda kirimkan ke lender. Anda juga akan diminta untuk melampirkan dokumen-dokumen pendukung lainnya seperti NPWP, akta perusahaan dan Surat Izin Usaha Perusahaan (SIUP)
  3. Setelah itu lender akan melakukan verifikasi dan membuat perjanjian kesepakatan dengan Anda selaku pemilik bisnis. Termasuk di dalamnya membahas besaran pinjaman, bunga, dan biaya service.
  4. Dana pinjaman biasanya akan cair dalam waktu 48 jam atau 2 hari
  5. Saat pelanggan telah melunasi tagihan, Anda bisa membayar pinjaman kepada lender ditambah bunga atau biaya service kepada lender. 

Baca juga: Inilah Cara Membuat Invoice Financing Disetujui

Manfaat Invoice Financing untuk UMKM

Invoice financing dapat menjadi jalan keluar ketika Anda membutuhkan modal usaha mikro, agar bisnis tetap bisa berjalan. Berikut ini beberapa manfaat dari invoice financing untuk UMKM:

  • Proses Pencairan Dana Cepat

Proses untuk mengajukan pinjaman dengan invoice financing tidak memakan waktu lama. Umumnya hanya membutuhkan waktu 2 hari sampai pengajuan pinjaman disetujui. Proses ini terhitung lebih cepat dibanding produk pinjaman lainnya.

  • Menjaga Kas Keuangan Lancar

Supaya bisnis bisa berjalan dengan baik, pengusaha harus bisa menjaga arus kas (cash flow) tidak terganggu. Dalam arti jangan sampai dibiarkan jomplang antara kas yang masuk dan kas yang keluar. 

Keterlambatan pembayaran dari pelanggan bisa mempengaruhi cash flow bisnis. Cara untuk menjaga kas keuangan tetap lancar yaitu dengan invoice financing. 

  • Tidak Mengganggu Aset Bisnis

Manfaat lain dari pembiayaan faktur adalah aset bisnis tidak terganggu. Karena biasanya jika Anda mengajukan pinjaman ke bank, Anda harus memberikan jaminan berupa aset. Bisa tanah, bangunan, kendaraan, aatau bahkan mesin pabrik. 

Sedangkan untuk invoice financing, faktur yang belum terbayar yang dijadikan jaminan. Sehingga aset bisnis Anda tidak akan terganggu.  Karena itulah jenis pinjaman ini dianggap lebih aman bagi para pemilik bisnis UMKM.  

Lebih Mudah Mengajukan Invoice Financing dengan Invoice Digital dari Sahabat Bisnis

Ada hal yang perlu diperhatikan oleh pemilik bisnis UMKM jika ingin mengajukan pinjaman dengan Invoice Financing. Karena lender akan meminta dokumen dan faktur penjualan, maka pengusaha UMKM harus memastikan pencatatan faktur terdokumentasi dengan rapi. 

Sebetulnya akan lebih mudah jika Anda selaku pengusaha UMKM menggunakan invoice digital untuk mengelola data tagihan masuk dan keluar. Anda tidak akan dipusingkan dengan lembaran-lembaran faktur yang menumpuk. 

Dengan invoice digital, Anda bisa lebih menghemat waktu dan tenaga. Data akan tersimpan aman dan bisa Anda gunakan saat ingin mengajukan invoice financing untuk modal usaha mikro.

Yuk buat akun di Sahabat Bisnis! Anda akan lebih mudah mengatur tagihan masuk dan keluar dengan dasbor manajemen yang menyediakan data transaksi usaha Anda secara real time. Pengarsipan invoice jadi lebih rapi dan memudahkan Anda mengajukan invoice financing.

Modal Usaha Mikro
spot_img

Latest articles

Explore more

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here