spot_img
spot_img
HomeLainnyaTips BisnisTips Investasi untuk Pemula, Dijamin Bikin Untung!

Tips Investasi untuk Pemula, Dijamin Bikin Untung!

Saat ini, mempunyai investasi pribadi yang berada di pasar finansial telah menjadi sebuah gaya hidup produktif yang muncul di kalangan anak muda serta pekerja pemula. Namun, meskipun menggiurkan, pastikan memperhatikan tips investasi untuk pemula dengan tepat. 

Pandangan lama jika investasi hanya dapat dilakukan saat usia sudah matang sekarang sudah tidak relevan. Hal tersebut terlihat dari demografi investor yang berada di Indonesia. 

Sekarang ini, investor banyak didominasi oleh kelompok milenial. Bahkan, berdasarkan KSEI atau Kustodian Sentral Efek Indonesia, terlihat jika jumlah investor di pasar modal domestik sampai akhir tahun 2020 berada di angka 3,87 juta investor. 

Angka tersebut mengalami peningkatan hingga 56% bila dibandingkan tahun 2019. Menariknya, separuh dari angka tersebut berusia dibawah 30 tahun dan memiliki rentang usia 31 hingga 40 tahun. Sehingga 70% investor di pasar modal Indonesia merupakan anak muda.

Tips Investasi untuk Pemula

Apakah kamu sudah membulatkan tekad untuk memulai investasi? Berikut tips melakukan investasi yang dapat diikuti, antara lain:

  1. Miliki Tujuan Keuangan

Ketika akan memulai investasi, pastikan kamu memiliki tujuan keuangan yang akan dicapai dengan menggunakan investasi. Tujuan keuangan ini sebenarnya merupakan kondisi yang ingin diwujudkan berkaitan dengan target dana finansial. 

Dengan adanya tujuan keuangan yang jelas, investasi yang kamu lakukan akan semakin terarah, karena mempunyai strategi dan target yang jelas. Tujuan keuangan ini juga dapat dibagi sesuai dengan target waktu. 

Contohnya untuk tujuan keuangan jangka pendek, yaitu dalam rentang waktu kurang dari 3 tahun. Tujuan keuangan jangka pendek ini seperti dana mudik, uang muka rumah, liburan akhir tahun dan lainnya. 

Kemudian, tujuan keuangan jangka menengah. Tujuan keuangan ini memiliki target rentang waktu 3 hingga 5 tahun lamanya. Contohnya, kamu ingin sekolah pasca sarjana, atau ingin menikah 3 tahun lagi. 

Berikutnya adalah jangka panjang. Target investasi jangka panjang ini diraih dalam waktu lebih dari 5 tahun. Contohnya seperti pendidikan anak ke universitas hingga dana pensiun. 

Dari seluruh tujuan keuangan tersebut, kamu bisa menentukan target dana yang ingin diwujudkan. Contohnya untuk uang muka rumah, dana yang dibutuhkan sebesar Rp200 juta. 

  1. Pilih Instrumen Investasi

Jika sudah memiliki tujuan keuangan yang jelas, berikutnya kamu dapat menentukan jangka waktu pencapaian. Jangka waktu pencapaian ini begitu penting karena dapat mempengaruhi risiko penilaian instrumen investasi. 

Selain itu efektivitasnya juga bisa membantu kamu untuk mencapai target dana yang telah ditentukan. Misalnya, jika kamu ingin menikah 2 tahun lagi dengan target dana Rp100 juta, pilihan investasi yang tepat adalah reksadana pendapatan tetap dan reksa dana pasar uang. 

Meskipun memberikan imbal hasil yang tinggi, investasi saham kurang disarankan karena fluktuasi harganya juga tinggi. Selain menimbang jangka waktu investasi, kamu juga harus memperhatikan profil risiko yang dimiliki. 

Terdapat 3 profil risiko investor yaitu moderat, konservatif, serta agresif. kamu bisa menilai mana profil risiko yang sesuai. 

  1. Mulai Buka Rekening Investasi

Jika sudah mempunyai rencana tujuan yang jelas, kamu dapat mengeksekusi rencana tersebut. Jika ingin berinvestasi di pasar modal, kamu harus memiliki rekening investasi. 

Kamu dapat membuka rekening ini di lembaga keuangan seperti perusahaan sekuritas maupun di manajer investasi. Umumnya, untuk membuka rekening, kamu hanya memerlukan nomor rekening bank, NPWP serta pengisian formulir initial investment. 

  1. Jalankan Dengan Disiplin

Ketika menjalankan investasi, selain memahami tips investasi untuk pemula. kamu harus mempunyai strategi yang tepat, strategi ini dapat membantu mengoptimalkan modal sehingga target investasi akan sesuai dengan tujuan keuangan. 

Contohnya, kamu memilih strategi investasi berkala setiap bulan. kamu harus disiplin untuk mengisi rekening tersebut. 

Baca juga:

Catat! Ini Rekomendasi Investasi Jangka Panjang bagi Bisnismu!

Investasi Jangka Pendek untuk UMKM! Simak Tipsnya

Alasan Mengapa Investasi Sangat Penting

Sebenarnya, apapun instrumen investasi yang kamu jadikan sebagai pilihan, tetap saja investasi menjadi hal penting yang harus dilakukan. Selain memahami tips investasi untuk pemula, kamu juga harus mengetahui alasan mengapa investasi penting dilakukan. Berikut penjelasannya:

  1. Dapat Menambah Penghasilan

Beda dengan menabung yang hanya membiarkan uang berada di bank. Melakukan investasi artinya nilai uang akan semakin bertambah karena perputaran uang dan pertumbuhan nilai.

  1. Bisa Mewujudkan Tujuan Keuangan

Investasi dapat dikatakan sebagai kendaraan yang dapat mengantarkan kita pada tujuan keuangan yang diinginkan. Investasi merupakan penghasilan tambahan yang nilainya mengikuti inflasi.

Oleh sebab itu, kamu dapat menghitung serta memperkirakan berapa besarnya uang yang diperoleh untuk mencapai tujuan di masa mendatang. 

  1. Menjadikan Uang Semakin Produktif

Ketika masih muda, kita bisa fokus membangun bisnis, mengembangkan karir dan lainnya. Namun, dengan menjalankan investasi, yang produktif bukan hanya kita tetapi juga uang. Sehingga kita dapat melakukan berbagai hal yang disukai tanpa bingung dengan kondisi keuangan. 

Selain sebagai pilihan dana untuk kebutuhan masa depan, investasi dapat dijadikan sebagai pilihan untuk memperoleh modal bisnis. Jika kamu sudah menjalankan bisnis, kamu dapat menggunakan Invoice Digital agar operasional bisnis dapat berjalan dengan lancar. 

Dari banyaknya pilihan Invoice Digital, Sahabat Bisnis menjadi salah satu rekomendasi yang dapat dijadikan sebagai pilihan. Sahabat bisnis bukan hanya membuat catatan invoice  kamu menjadi lebih rapi, tetapi kamu bisa memperoleh modal bisnis dari sini. 

kamu dapat memperoleh modal bisnis, baik bersifat Invoice Financing atau Working Capital Term Loan. Jadi jangan hanya fokus dengan tips investasi untuk pemula di atas ya. kamu juga dapat focus mengembangkan bisnis dan memperoleh pendanaan. Informasi selengkapnya klik postingan disini

spot_img

Latest articles

Explore more

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here