spot_img
spot_img
HomeLainnyaTips BisnisTips Memilih Pinjaman Online OJK Agar Tetap Aman

Tips Memilih Pinjaman Online OJK Agar Tetap Aman

Pinjaman online OJK adalah lembaga penyedia pinjaman dana atau fintech lending yang terdaftar resmi di Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Masyarakat bisa mengajukan pinjaman dengan aman melalui lembaga-lembaga legal yang sudah memiliki izin dan terdaftar. 

Pinjaman online atau yang lebih sering disingkat pinjol, menjadi pilihan alternatif bagi warga yang membutuhkan dana segar dalam waktu cepat. Karena prosesnya yang dinilai lebih mudah, pinjol semakin diminati masyarakat.

Kebanyakan orang mengajukan pinjaman untuk mengembangkan bisnis. Para pengusaha terutama pelaku usaha kecil  dan menengah memerlukan tambahan modal untuk memperbesar usaha mereka. 

Pinjol bisa menjadi solusi jika membutuhkan sumber pendanaan dalam waktu cepat. Namun saat memilih pinjol kamu harus berhati-hati, agar tidak terjerat pinjol ilegal yang tujuannya memang ingin merugikan penggunanya. 

Ciri-Ciri Pinjaman Online OJK yang aman 

Tidak semua pinjol merugikan. Kamu tetap bisa mendapatkan biaya pinjaman dengan aman dan  cepat melalui pinjaman online  yang terpercaya. 

Pinjol legal memiliki beberapa kriteria yang mudah dikenali. Setelah mengetahui ciri-cirinya, kamu bisa membedakan antara fintech lending resmi dan yang bukan. Nah, berikut ini ciri-ciri pinjaman online yang aman:

1. Terdaftar di OJK

Ciri-ciri pertama yang membedakan pinjol resmi dengan yang ilegal adalah kepemilikan izin. Pinjol resmi pasti sudah terdaftar di OJK. 

Selain itu pihak OJK juga mewajibkan semua penyelenggara pinjaman masuk ke dalam Asosiasi Fintech  Indonesia (AFTECH)

Cara mengecek suatu lembaga sudah mengantongi izin dari OJK atau tidak, yaitu dengan menghubungi OJK. Bisa via telepon, whatsapp, atau dengan mengakses ojk.go.id, website resmi mereka.

Sedangkan untuk mengecek keanggotaan suatu fintech lending di AFTECH, bisa dengan mengunjungi website mereka di fintech.id.

2. Memiliki Website Resmi. 

Fintech yang legal mempunyai website resmi yang mudah diakses. Dalam website tersebut kamu bisa membaca semua informasi lengkap mengenai layanan yang mereka tawarkan. 

Jika fintech juga membuat aplikasi, kamu bisa menemukan aplikasi mereka di Google Play store dan App Store. 

3. Suku Bunga Wajar

Bunga pinjaman menjadi pertimbangan penting saat mengajukan kredit. Penetapan suku bunga bisa berbeda di setiap fintech dan lembaga penyelenggara pinjaman lainnya.

Namun OJK sudah menentukan bunga maksimal untuk pinjol. Yaitu 0,4% per hari untuk jenis pinjaman jangka pendek atau  yang kurang dari 30 hari. 

Sedangkan bunga untuk pinjaman produktif adalah 12%-24%. Angka suku bunga ini dibuat berdasarkan kesepakatan AFPI (Asosiasi Fintech Pendanaan Bersama Indonesia). 

Jadi ketika mencari pinjaman, pastikan kamu mengecek besaran suku bunga. Jika angkanya tidak sesuai dengan penetapan OJK, maka kamu patut curiga dan sebaiknya tidak diteruskan.

Selain suku bunga, kamu juga perlu mengecek ketentuan tenor atau masa waktu pembayaran cicilan pinjaman. Pastikan pinjol menyampaikan informasinya secra transparan sejak awal. 

Baca juga: 3 Jenis dan 4 Tips Pinjol Bunga Rendah Tenor Panjang

4. Tata Cara Pengajuan Pinjaman Jelas

Biasanya pinjol yang ilegal memberikan instruksi yang rumit dan tidak profesional. Orang akan diarahkan untuk mengakses tautan yang dikirim lewat SMS atau pesan Whatsapp. 

Sedangkan pada pinjol resmi, tata cara pengajuan dijelaskan dengan detail di website. Calon peminjam dana atau borrower, juga bisa melakukan registrasi dan pengajuan pinjaman melalui website. 

5. Melindungi Data Pribadi

Pinjol resmi akan melindungi data pribadi calon nasabahnya. Pihak fintech tidak akan meminta  data atau akses ke file galeri dan kontak ponsel. 

Hanya pinjol ilegal yang akan meminta hal tersebut. Mereka akan menyalahgunakan data itu untuk meneror nasabah dan orang-orang yang ada di kontak, saat terjadi pembayaran  macet. 

Ciri-ciri pinjol ilegal mudah dikenali selama kamu lebih berhati-hati. Pilih yang menawarkan produk pinjaman yang paling sesuai dengan kebutuhan dan risiko keuangan kamu. 

Tips Memilih Pinjol OJK agar Tetap Aman

pinjaman online ojk

Supaya lebih aman dan tidak salah pilih saat mencari fintech lending, ada beberapa tips yang perlu diperhatikan.

1. Pastikan Tujuan Pinjaman 

Sebelum memutuskan untuk mengajukan pinjaman, pastikan kamu sudah tahu akan digunakan untuk apa uang tersebut.

Sebaiknya dana dari pinjaman online OJK tidak dipakai untuk sesuatu yang sifatnya konsumtif. Melainkan disalurkan pada suatu hal yang produktif.

Misalnya kamu seorang pengusaha makanan beku frozen food, dan membutuhkan freezer untuk menyimpan stok produk. Sebab menggunakan lemari pendingin kapasitasnya terbatas dan kualitas kesegaran produk cepat menurun. 

Kamu bisa mengajukan pinjaman untuk membeli deep freezer. Agar usaha makanan beku milikmu bisa berkembang lebih besar lagi. 

2. Cek Legalitas Penyedia Pinjaman

Cara efektif untuk mengecek legalitas pinjol yaitu, dengan memastikan perusahaan yang menawarkan produk pinjaman tersebut sudah terdaftar di OJK.

Jika pinjol sudah memiliki izin OJK, maka itu artinya perusahaan tersebut beroperasi sesuai dengan aturan dan ketentuan yang berlaku. Sehingga bisa menjadi jaminan untuk calon nasabah mengajukan pinjaman. 

3. Ketahui Bunga dan Jenis Biaya yang Muncul

Pinjol yang legal akan memberikan informasi terkait biaya yang muncul dan bunga pinjaman secara transparan. 

Bahkan ada yang sengaja menaruh fitur untuk simulasi perhitungan cicilan pembayaran. Kamu bisa memasukkan angka tertentu, kemudian nanti akan diketahui berapa besaran angsuran tiap bulannya.

Baca juga: Galbay Pinjol Resmi Tenor Panjang? Apa Efeknya untuk UMKM?

4. Pahami Detail Persyaratan

Selain mengetahui jenis biaya yang muncul, calon borrower juga perlu memahami detail persyaratan. Ini termasuk hal umrah, tapi sering dilewatkan. 

Pastikan untuk membaca semua ketentuan dan persyaratan, termasuk alur untuk mendapatkan pinjaman. Serta cara pembayaran cicilan 

Cek kembali ciri-ciri pinjaman online OJK yang resmi, agar kamu bisa mengajukan pinjaman dengan rasa aman. Lakukan secara teliti dan lebih berhati-hati agar tidak  terjebak dengan pinjaman online yang salah. 

Jika kamu membutuhkan pendanaan bisnis khususnya UMKM, jangan sampai terjebak pada pinjaman online yang salah. Nah, lebih baik teman-teman ajukan saja pendanaan pada Sahabat Bisnis melalui Kaya.id. Informasi lengkapnya bisa dilihat di sini!

spot_img

Latest articles

Explore more

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here