spot_img
spot_img
HomeLainnyaTips BisnisTips SEO Untuk Pemula, Dijamin Naikkan Peringkat!

Tips SEO Untuk Pemula, Dijamin Naikkan Peringkat!

SEO (Search Engine Optimization) berperan penting untuk membuat website lebih mudah ditemukan oleh audiens dan tampil di halaman awal Google. Ada beberapa tips SEO untuk pemula yang bisa kamu coba agar dapat memenangkan persaingan di Google.

Setiap bisnis bersaing untuk membuat website mereka berada di peringkat atas hasil pencarian (Search Engine Result Pages). Supaya bisa mendapatkan lebih banyak trafik ke dalam website bisnis. 

Kompetisi di antara setiap website ini terus berlangsung bahkan tidak pernah berhenti. Karena itulah jika kamu ingin mengoptimasi website, kamu perlu menerapkan teknik-teknik SEO yang strategis. 

Alasan Mengapa SEO Perlu Diterapkan dengan Baik

Setiap orang yang membutuhkan informasi akan selalu membuka mesin pencari seperti Google. Orang cukup mengetikkan kata kunci di kolom pencarian, lalu dalam hitungan detik muncul puluhan atau bahkan ribuan situs yang berhubungan dengan kata kunci.

Namun semua orang cenderung hanya membuka situs-situs yang berada di halaman pertama saja atau beberapa halaman berikutnya. Semakin ke belakang biasanya isi website semakin kurang relevan bagi pembaca. 

Bila kamu berhasil mengoptimasi website dengan teknik-teknik SEO, situs websitemu bisa muncul di peringkat atas Google. Otomatis websitemu akan lebih sering dikunjungi oleh audience dibanding situs lain yang berada di peringkat bawah. 

Selain itu, berikut ini alasan mengapa kamu harus paham tips SEO untuk pemula dan  strategi SEO perlu diterapkan:

  • Meningkatkan Brand Awareness Suatu Bisnis

Jika website kamu terus muncul di peringkat atas untuk kata kunci tertentu, maka akan semakin banyak orang yang mengenal brand bisnismu. Sehingga kesadaran merek atau brand awareness produk bisnismu juga jadi lebih meningkat. 

  • Peluang Konversi Lebih Tinggi

Ketika trafik website terus meningkat karena optimasi SEO, setiap pengunjung berpotensi menjadi leads berkualitas. Bahkan jika pengunjung website  mendapatkan barang yang dibutuhkan mereka lebih berpeluang menjadi pembeli.

  • Menjangkau Pelanggan yang Potensial

SEO termasuk strategi pemasaran organik, berbeda dengan SEM (Search Engine Marketing) dimana kamu perlu membayar untuk beriklan. Dengan SEO website bisnismu bisa naik ke peringkat atas tanpa harus membayar. 

Di samping itu, trafik website dengan SEO cenderung lebih stabil dibanding yang berbayar. Sehingga pada akhirnya akan memberikan keuntungan jangka panjang untuk bisnismu. Salah satunya yaitu menarik calon-calon pembeli yang potensial

Baca juga: Dijamin Konsumen Suka, Ini 7 Cara Membuat Iklan Yang Menarik

5 Tips SEO untuk Pemula

tips seo untuk pemula

Sebenarnya ada banyak teknik optimasi SEO yang bisa dicoba. Namun untuk pemula, kamu bisa menerapkan beberapa jenis teknik yang umum, tapi punya pengaruh besar untuk peringkat website. Berikut ini tips SEO yang bisa kamu coba:

  • Riset Keyword 

Strategi pertama yang perlu kamu lakukan adalah melakukan riset keyword. Untuk mendapatkan kata kunci yang sesuai dengan ketertarikan pembaca. Yaitu kata kunci apa yang digunakan oleh audience ketika mencari suatu hal. 

Kamu bisa menggunakan beberapa jenis tools untuk mencari kata kunci. Seperti Google Search Console, Google Keyword Planner, Ubersuggest, Ahrefs  Keyword Generator, SEMrush Keyword Magic Tool, dan masih banyak lagi lainnya. 

Ketika meriset kata kunci perhatikan beberapa hal untuk jadi bahan pertimbangan. Seperti volume pencarian kata kunci, tingkat kesulitan dari keyword, dan juga saran kata kunci, yang masih ada kaitannya dengan keyword yang kamu cari. 

  • Unggah Konten yang Lengkap dan Bermanfaat

Meski strategi SEO yang teknis bisa membuat website teroptimasi, tapi akan lebih baik jika konten yang diunggah memang bermanfaat. Sebab setiap orang berharap bisa mendapatkan konten yang mereka inginkan, saat mencari informasi melalui mesin pencari. 

Maka dari itu buatlah konten yang menarik, bermanfaat dan lengkap. Trafik website akan meningkat secara organik dan peringkat website bisnis lebih stabil. Selain itu konten yang berkualitas juga membuat proses optimasi website jadi lebih mudah. 

  • Gunakan Google Search Console

Tips SEO untuk pemula selanjutnya ialah menggunakan Google Console. Selain bisa digunakan untuk meriset kata kunci, Google Search Console juga bisa dipakai untuk meninjau kinerja website. Dengan alat ini kamu dapat mengetahui halaman website mana yang trafiknya paling tinggi.

Termasuk mengidentifikasi siapa saja pengunjung website bisnismu, jenis kelamin, usia, dari mana asalnya dan info demografi lainnya. Serta mencari tahu website mana saja yang menyematkan link situsmu di tulisan mereka (backlink). 

  • Sematkan Internal Link 

Internal link merupakan tautan halaman lain dari dalam website yang kamu sematkan di tulisan artikel atau konten. Google menyukai website yang setiap kontennya saling terhubung. Sehingga hal ini bisa memberikan pengaruh bagus untuk peringkat SEO.

Selain itu internal link juga akan memudahkan pengunjung untuk berpindah dari satu halaman ke halaman lain. Membuat waktu yang mereka habiskan untuk menjelajah website jadi lebih lama.  

  • Pasang Plugin Yoast SEO

Bila website bisnismu menggunakan WordPress, sangat dianjurkan untuk memasang plugin Yoast SEO. Plugin ini akan membantumu memeriksa apakah suatu tulisan atau artikel sudah SEO friendly atau belum. 

Kamu bisa membaca hasil analisa dan memperbaiki bagian mana yang masih perlu diubah. Sesuai poin-poin penilaian dari Yoast SEO. Misalnya kepadatan kata kunci masih kurang, belum ada internal link, atau meta description belum lengkap.

Di samping mencoba 5 tips SEO untuk pemula ini, kamu juga perlu meng-update informasi terkait algoritma Google yang cukup dinamis. Serta mencoba teknik-teknik SEO Off Page lainnya untuk mengoptimasi website. 

Selain fokus menaikkan peringkat pencarian bisnis, ada hal lain yang juga tidak kalah penting. Yaitu meningkatkan pelayanan bisnis dengan menggunakan Invoice Digital untuk pembuatan tagihan.

Invoice Digital lebih praktis dan bisa menghemat banyak waktu. Kamu bisa menggunakan Invoice Digital dari Sahabat Bisnis (SaBi) untuk kemudahan bisnis. 

Membuat tagihan lebih cepat dan invoice dapat langsung dikirim ke pelanggan. Sehingga proses pembayaran tagihan dari pelanggan bisa berjalan lebih lancar. 

Pembukuan akan lebih rapi, semua data tercatat dan tersimpan aman dalam sistem. Kamu tidak akan lagi dipusingkan dengan masalah invoice rusak atau hilang. 

Semua proses ini dapat kamu tinjau secara real time dalam satu dashboard. Selain itu SaBi sudah dapat diakses via smartphone, jadi membuat tagihan bisa lebih mudah dan cepat. Yuk beralih ke Invoice Digital SaBi sekarang!

spot_img

Latest articles

Explore more

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here