spot_img
spot_img
HomeLainnyaTips BisnisWaspada! Ini Ciri-ciri Pinjaman Online Ilegal

Waspada! Ini Ciri-ciri Pinjaman Online Ilegal

Kasus pinjaman online ilegal sempat marak terjadi dan menyebabkan banyak orang  mengalami kerugian. Sampai saat ini  pun, masih ada orang yang terkena penipuan pinjol ilegal.

Pinjol ilegal bisa menarik banyak korban biasanya karena mereka menawarkan produk pinjaman menggiurkan yang mudah dan cepat. Para calon borrower juga diiming-imingi dengan keuntungan lainnya. 

Namun ternyata kemudahan tersebut hanya terasa manis di awal saja. Para peminjam dana dari pinjol ilegal harus terjerat dengan bunga pinjaman yang terlampau besar, dan terganggu oleh para penagih yang terkesan meneror. 

Sebenarnya masyarakat dapat mengajukan pinjaman ke pinjol atau fintech lending  resmi dan tetap bisa aman. Maka dari itu masyarakat harus mengetahui ciri-ciri dari pinjol ilegal, agar bisa terhindar dari penipuan. 

Ciri-Ciri Pinjaman Online Ilegal 

Ciri-ciri pinjol ilegal bisa dikenali dengan cukup mudah. Asalkan kamu memeriksanya secara teliti setiap kali menemukan tawaran produk pinjaman uang. 

Terutama jika penawarannya disampaikan melalui pesan singkat, kemudian kamu diminta meng-klik tautan yang disematkan. Bila mendapati pesan singkat seperti itu, kamu patut waspada. 

Supaya lebih rinci, berikut ini ciri-ciri dari pinjaman online ilegal:

  • Tidak Terdaftar di OJK

Pinjol yang resmi atau legal pasti memiliki izin dari OJK. Segala bentuk aktivitas dan transaksi diawasi oleh OJK, sehingga hal ini bisa menjadi jaminan untuk para borrower merasa aman  saat hendak mengajukan pinjaman. 

  • Tidak Tergabung ke Dalam  Asosiasi

Selain terdaftar di OJK, pinjol legal juga harus tergabung ke dalam Asosiasi Fintech Indonesia (AFTECH) atau Asosiasi Fintech Pendanaan Bersama Indonesia (AFPI). Jika bukan bagian dari anggota asosiasi, maka pinjol tersebut bisa disebut ilegal.

  • Persyaratan Pencairan Dana Pinjaman Sangat Mudah

Ciri lain yang identik dengan pinjol ilegal yaitu persyaratan pengajuan pinjaman yang sangat mudah. Biasanya mereka hanya meminta KTP, pas foto diri, dan juga nomor rekening. 

  • Identitas Perusahaan Tidak Jelas

Kamu harus curiga jika tidak menemukan identitas perusahaan yang jelas, seperti alamat kantor dan data pengurus. Karena pinjol ilegal termasuk ke dalam bentuk penipuan, mereka tidak mempunyai alamat dan identitas yang jelas.

  • Informasi Tidak Diberitahukan Secara Jelas

Informasi terkait bunga, biaya, termasuk denda tidak diberitahukan dengan jelas. Pinjol ilegal hanya menawarkan jumlah pinjaman yang besar dengan persyaratan yang mudah dan proses cepat. 

  • Meminta Akses ke Semua Data yang Ada di Ponsel

Ciri-ciri pinjaman online ilegal yang perlu kamu waspadai adalah permintaan untuk mengakses data di ponsel. Sedangkan pinjol resmi sangat menjaga data pribadi calon nasabahnya, mereka hanya meminta akses kamera, dan juga mikrofon saat aplikasi sedang digunakan.

  • Tidak Memiliki Layanan Pengaduan Konsumen

Pinjol ilegal tidak memiliki layanan untuk pengaduan konsumen. Sehingga para borrower tidak bisa menghubungi siapapun saat mengalami kendala.

  • Bunga dan Biaya Pinjaman Tidak Ada Batas yang Jelas

Selain informasi biaya pinjaman dan juga bunga yang tidak transparan, pinjol ilegal juga tidak mencantumkan batas yang jelas. Sedangkan pinjol legal mengikuti ketentuan dari OJK terkait batas maksimal bunga. 

  • Menawarkan Pinjaman Melalui Pesan Singkat

Ciri yang paling umum dari pinjol ilegal adalah cara mereka menawarkan pinjaman melalui pesan singkat seperti SMS.  Pesan singkatnya berisi informasi yang minim dan bahasa yang berlebihan, sehingga terkesan tidak profesional. 

Jadi sebenarnya kita bisa melihat perbedaan antara pinjol ilegal dan pinjol yang legal dengan sangat mudah. Selama kamu bisa waspada dan teliti dulu sebelum mengajukan pinjaman kamu bisa terhindari dari pinjol ilegal.  

Cara Agar Terhindar Dari Pinjaman Ilegal

pinjaman online ilegal

Kehadiran pinjol seperti fintech lending dan peer to peer lending, memang memudahkan masyarakat dalam mengakses pinjaman. Namun jika salah memilih kamu bisa terjebak dengan pinjol ilegal yang merugikan. 

Berikut ini cara yang bisa kamu lakukan agar terhindar dari ancaman pinjol ilegal:

  • Pastikan Pinjol Memiliki Izin 

Hal pertama yang perlu kamu pastikan adalah izin dari perusahaan penyelenggara pinjaman. Jika informasi perusahaannya jelas dan sudah terdaftar di OJK, maka pinjol tersebut legal. 

  • Jangan Klik Tautan Dari Pesan Singkat

Hati-hati saat menerima SMS berisi penawaran pinjaman, jangan sembarangan mengklik tautan yang ada. Karena pinjol ilegal sering menawarkan pinjaman melalui pesan singkat.

  • Gunakan Aplikasi Resmi 

Hanya gunakan aplikasi resmi yang bisa diunduh di toko aplikasi seperti Google Play Store dan App Store. Jika kamu malah diminta masuk ke URL tertentu untuk mengunduh aplikasi, maka segera hentikan karena kemungkinan besar itu adalah pinjol ilegal. 

Baca juga: Tips Memilih Pinjaman Online OJK Agar Tetap Aman

Pinjaman online ilegal mempunyai ciri-ciri yang cukup kentara, seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya. Tidak memiliki informasi perusahaan yang jelas dan proses pencairan dana yang terlalu mudah untuk nominal pinjaman yang cukup besar.

Bagi kamu yang menjalankan bisnis atau umkm, jangan sampai terjebak dengan pinjaman online yang salah. 

Pinjol memang dapat menjadi solusi sumber pendanaan yang cepat.Namun pastikan kamu memilih pinjol yang resmi dan sudah terjamin keamanannya. 

Pinjol resmi akan memberikan produk pinjaman dengan bunga yang wajar, dan bisa disesuaikan dengan risiko keuangan calon peminjam.  

Jika teman-teman membutuhkan pendanaan bisnis, teman-teman bisa ajukan ke Sahabat Bisnis melalui Kaya.id. Informasi selengkapnya mengenai pengajuan pinjaman bisa kamu lihat di sini!

Selain itu kamu juga bisa menggunakan invoice digital dari Sahabat Bisnis, untuk kemudahan membuat dan mengirimkan invoice. Aplikasinya gratis dan bisa digunakan melalui smartphone. 

spot_img

Latest articles

Explore more

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here