Yuk, Kenali Strategi Pemasaran UMKM 4P dan STP

0
48
strategi pemasaran UMKM

Dalam sebuah usaha, pemasaran menjadi hal yang krusial untuk dibahas. Bahkan, meskipun bisnis masih berstatus sebagai UMKM. 

Bagi UMKM strategi pemasaran UMKM menjadi hal penting untuk diperhatikan. 

Strategi pemasaran diperlukan pelaku usaha agar dapat memaksimalkan potensi produk yang mereka jual. 

Pemasaran adalah upaya yang dilakukan pelaku usaha agar dapat mempromosikan layanan yang dimiliki. Proses pemasaran ini seperti mencakup kegiatan penjualan dan pengiklanan. 

Agar strategi pemasaran yang dilakukan menjadi tepat sasaran, pelaku usaha harus mengenal 4P dan STP. Lantas, apa yang dimaksud dengan strategi ini?

Strategi Pemasaran UMKM 4P

Agar strategi pemasaran yang dilakukan lebih tepat sasaran, dibutuhkan pemahaman yang erat kaitannya dengan konsep strategi pemasaran. 

Contohnya adalah strategi pemasaran 4P. Strategi pemasaran ini merupakan konsep yang akan menjadikan product, place, price dan promotion sebagai bagian pemasaran. 

Tentu saja, sebagai seorang pelaku bisnis, kamu pasti ingin bisnismu diingat oleh audiens bukan? Berikut sejumlah strategi 4P yang harus kamu pahami, antara lain:

  1. Product

Strategi pemasaran yang pertama adalah product. Lantas, bagaimana cara untuk menentukan strategi pemasaran ini? 

Tenang, caranya tidak sulit. Pertama, kamu dapat menentukan nama produk atau nama merek yang nantinya digunakan. 

Ketika memilih nama produk atau nama merek, pastikan merek tersebut dapat mencerminkan nilai produk yang ditawarkan dengan baik. 

Selain itu, pastikan memperhatikan desain serta kemasan produk yang digunakan. 

Tidak sedikit produk yang dapat membangun citra perusahaan dari visualisasi kemasan yang tepat, sehingga kemasan akan menjadi identitas produk. 

  1. Price

Kedua adalah price atau harga. Salah satu hal menarik dari harga adalah, menurut CXL, konsumen rela menyisihkan waktu untuk melakukan pencarian produk yang memiliki harga terendah. 

Hal tersebut menunjukkan jika harga menjadi faktor besar dalam sebuah pembelian produk. 

Harga merupakan biaya yang harus dibayar oleh pelanggan ketika ingin membeli sebuah produk, oleh sebab itu pastikan harga produk yang kamu miliki memiliki nilai yang sebanding dengan kualitas produk. 

Untuk masalah harga, tentu saja kamu harus menentukan harga sesuai dengan target pasar yang kamu miliki. 

Bukan hanya itu, kamu juga harus mempertimbangkan harga yang dimiliki oleh kompetitor, jika produk yang kamu miliki mirip dengan produk kompetitor.

Jangan sampai produk yang kamu miliki sama, tapi mereka memiliki harga lebih murah, kamu akan kalah saing nantinya. Kemudian, untuk meningkatkan jumlah penjualan, kamu dapat memberikan diskon dan promo. 

  1. Place

Faktor penting yang berada dalam strategi pemasaran UMKM lainnya adalah place atau tempat. 

Tempat usaha menjadi faktor penting yang harus dijadikan sebagai perhatian. 

Bukan hanya itu, kamu juga harus mempertimbangkan cara pendistribusian produk yang nantinya digunakan agar produk bisa sampai di tangan konsumen dengan aman. 

Prinsip place memiliki tujuan agar membuat produk lebih mudah ditemukan pelanggan. 

Sayangnya, tidak sedikit pebisnis yang keliru menentukan tempat penjualan. 

Mereka hanya mempertimbangkan masalah harga sewa atau harga beli tempat usaha, tanpa memikirkan strategis atau tidaknya tempat tersebut. 

  1. Promotion

Produkmu tidak akan bisa laris manis terjual bila tidak dikenal masyarakat. Oleh sebab itu lakukan promosi atau promotion. Promosi bisa dikatakan sebagai tanggung jawab marketer. 

Kamu dapat memasarkan serta mempromosikan produk agar sampai di tangan konsumen. Sekarang banyak strategi marketing yang dapat digunakan sebagai ajang promosi. Contohnya seperti digital marketing, viral marketing, social media marketing dan berbagai strategi yang lain. 

Seluruh opsi tersebut dapat dipilih sesuai dengan target pasar, sehingga mereka akan semakin mengenal produk yang kamu miliki dan akhirnya melakukan pembelian. 

Baca juga:

  1. Mari Menghitung Pendapatan Operasional UMKM!
  2. Peluang Usaha UMKM Ekonomi Kreatif yang Menguntungkan
  3. 10 Contoh Usaha Kecil Menengah yang Potensial di Tahun 2023
  4. Serba-Serbi Pinjaman Modal Usaha UMKM P2P Lending

Strategi STP

Tidak hanya 4P, ada juga strategi STP. STP merupakan singkatan segmen, target serta posisi produk. Berikut penjelasan lengkapnya:

  1. Segmen

Sekarang ini kompetisi antar perusahaan begitu ketat. Segmentasi pasar sengaja dilakukan agar memusatkan sumber daya di bagian tertentu. 

Hal ini membuat perusahaan lebih mudah mengidentifikasikan kebutuhan, perilaku dan respons konsumen pada pemasaran yang dilakukan. 

Ada sejumlah segmentasi pasar yang bisa dilakukan oleh pengusaha seperti segmentasi pasar geografi. 

Dengan segmentasi pasar ini, pelaku usaha dapat memetakan konsumen sesuai dengan lokasi serta wilayah tertentu. 

  1. Target Pasar

Bila sudah mengetahui masalah segmentasi produk, kamu bisa menentukan seperti apa target pasar yang nantinya dituju. 

Lantas, apa perbedaan segmentasi pasar serta target pasar? Target pasar jauh lebih spesifik.

Contohnya ketika membuka kedai makanan, calon konsumen yang tertarik dengan produk tersebut adalah anak muda dengan usia 17 hingga 35 tahun. 

Target pasar yang dapat kamu tuju adalah kalangan mahasiswa. 

  1. Posisi Produk

Untuk posisi produk ini sebenarnya kamu harus mengulas apa hal yang menjadi kelebihan produk tersebut. 

Dari produk ini, pelaku usaha akan menawarkan manfaat yang akan diterima konsumen. 

Agar bisnis berjalan dengan lancar, selain mengikuti sejumlah strategi di atas, kamu juga harus memperhatikan masalah invoicing. 

Sahabat Bisnis menjadi pilihan yang tepat agar kamu bisa membuat tagihan lebih efisien dan cepat. 

Dengan menggunakan Invoice Digital dari Sahabat Bisnis, kamu bukan hanya mengganti invoice kertas yang sering digunakan, tetapi kamu juga bisa lebih sederhana dalam mengelola tagihan.

Contohnya seperti mengirim tagihan keluar, menerapkan perhitungan pajak, melihat status tagihan dan lainnya. 

Jadi, jangan hanya memperhatikan strategi pemasaran UMKM saja ya. Pastikan, menggunakan Sahabat Bisnis agar pengelolaan bisnis menjadi lebih mudah. 

Kamu bisa mencoba semua fitur invoice dari Sahabat Bisnis sekarang di website secara gratis. Yuk, tunggu apalagi!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here